Stok Kacang Kedelai Aman, Ini Permintaan Yana Mulyana untuk Perajin Tahu

Kamis, 17 Februari 2022 – 10:10 WIB
Stok Kacang Kedelai Aman, Ini Permintaan Yana Mulyana untuk Perajin Tahu - JPNN.com Jabar
Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau rumah produksi tahu di Kota Bandung. (Diskominfo Kota Bandung)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan stok kacang kedelai sebagai bahan baku pembuatan tahu tempe di Bandung masih tercukupi.

Maka dari itu, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta kepada perajin tahu tempe untuk tidak melakukan aksi mogok produksi.

Diketahui, para perajin tahu tempe di Bandung berencana akan melakukan aksi mogok produksi pada 21-23 Februari 2022, imbas dari mahalnya harga kacang kedelai yang dijual.

"Kalau kami lihat stok relatif ada, meskipun tidak banyak," kata Yana dalam keterangan resminya, Kamis (17/2).

Yana menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh, ada beberapa negara penghasil kacang kedelai seperti Brasil dan Amerika Serikat terjadi gagal panen. Hal itu berpengaruh terhadap harga kacang kedelai secara global.

"Ada beberapa daerah penghasil kedelai di Brasil gagal panen. Sehingga produksinya berkurang. Tetapi sekarang ini asosiasinya di Jakarta, ada sekitar 140.000 ton dalam perjalanan, sudah ada pembelian," jelasnya.

Yana memprediksi, dengan masuknya ratusan ribu ton kacang kedelai, maka cukup untuk produksi selama dua bulan ke depan. Namun, Ia berharap pendistribusiannya bisa merata.

Atas hal itu, Pemkot Bandung melalui dinas terkait bakal melayangkan surat ke pemerintah pusat agar mendapatkan perlakuan khusus untuk kacang kedelai di Bandung.

Plt Walkot Bandung Yana Mulyana memantau stok kacang kedelai. Diakui Yana, stok kacang kedelai relatif aman, namun harganya yang tinggi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News