Terungkap dari Berkas Kasus Teroris Cicendo, Polda Jabar Jadi Sasaran Bom

Rabu, 21 Desember 2022 – 19:45 WIB
Terungkap dari Berkas Kasus Teroris Cicendo, Polda Jabar Jadi Sasaran Bom - JPNN.com Jabar
Kabag Bantuan Operasi (Banops) Densus 88 Kombes Aswin Siregar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (21/12). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Polisi melakukan penggeledahan dan mengamankan sejumlah dokumen pascainsiden bom di Cicendo, Kota Bandung pada tahun 2017 lalu.

Berdasarkan dokumen yang diamankan tersebut, terungkap bahwa Polda Jabar dan Polres lainnya turut dijadikan sebagain sasaran aksi terorisme.

“Dari dokumen kasus Cicendo yang sebelumya dipemeriksaan, memang sasarannya itu beberapa adalah kantor kepolisian termasuk salah satunya Mapolda Jabar, kemudian beberapa Polsek dan Polres (di Jabar) lainnya,” kata Kabag Bantuan Operasi (Banops) Densus 88 Kombes Aswin Siregar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (21/12).

Aswin menilai, dokumen yang diamankan itu valid dan sepatutnya dijadikan sebagai dasar untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Tebukti, beberapa tahun kemudian aksi bom bunuh diri terjadi di Polsek Astanaanyar pada 7 Desembeer 2022.

“Memang ada isi dokumen itu, memang diawal dari kasus Cicemdo, ya sehingga orang dan jaringan yang sama. Saya kira, kami masih harus menganggap bahwa dokumen itu masih valid,” ucapnya.

Kendati demikian, di sisi lain, Aswin meminta masyarakat untuk tetap tenang. Pihaknya akan berupaya melakukan langkah pencegahan dan antisipasi.

Diharapkan, kejadian serupa tidak terulang kembali di kemudian hari.

Densus 88 mengungkapkan Polda Jabar menjadi target sasaran aksi terorisme berikutnya berdasarkan berkas kasus bom Cicendo tahun 2017.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News