Ichwan Tuankotta: Saksi Pelapor Tidak Jujur, Tidak Terbuka, dan Tidak Transparan

Selasa, 10 Mei 2022 – 20:40 WIB
Ichwan Tuankotta: Saksi Pelapor Tidak Jujur, Tidak Terbuka, dan Tidak Transparan - JPNN.com Jabar
Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuankotta. Foto: Instagram/Icwan Tuankotta

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sidang beragendakan mendengarkan keterangan saksi dalam kasus penyebaran berita bohong yang menyeret Bahar Smith hingga kini masih berlansung di Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Ketua pengacara Bahar Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan, dalam sidang ini para saksi dianggap bertele-tele dalam memberikan keterangan.

"Kami lihat dalam proses kesaksiannya, lebih banyak tidak tahu dan lupa. Bahkan, hal prinsipal sekali ketika ditanya pun mengalihkan tidak tahu atau lupa," kata Ichwan ditemui di PN Bandung, Selasa (10/5) malam.

Dia mencontohkan ketika mendengarkan keterangan dari saksi Fajrin dan Faris, mereka tidak menjawab secara tegas ihwal keberangkatannya dari Cilegon ke Menteng, Jakarta Pusat dan pertemuannya dengan Rofii.

"Contohnya, tentang keberangkatan mereka dari Cilegon, terus ketemu dengan Pak Rofii di sana, mau apa itu juga ditutupi.  Sehingga ada beberapa hal yang prinsip berkaitan dengan pemeriksaannya tidak terbuka," jelas

Diketahui, dalam sidang saksi itu, Fajrin dan Faris berperan sebagai orang yang menemani Tubagus Nurul Alam melaporkan Bahar Smith ke Polda Metro Jaya.

Ichwan menjelaskan, selama memberikan keterangan, saksi banyak berdalih, memberikan jawaban bertele-tele, dan bahkan saling berdiskusi dengan saksi lain.

"Itu yang kami lihat selama proses kesaksiannya ini seperti tidak jujur, tidak terbuka dan tidak transparan," ungkapnya. (mcr27/jpnn)

Pengacara Bahar Smith Ichwan Tuankotta beranggapan, keterangan saksi pelapor kasus penyebaran berita bohong tidak terbuka. Saksi banyak menutupi fakta.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News