Satu Auditor 'Nakal' BPK Jabar Jadi Tersangka, Pak Agus Khotib Bereaksi

Kamis, 31 Maret 2022 – 18:16 WIB
Satu Auditor 'Nakal' BPK Jabar Jadi Tersangka, Pak Agus Khotib Bereaksi - JPNN.com Jabar
Kajati Jabar Asep N Mulyana didampingi Kepala BPK RI Kanwil Jabar Agus Khotib dalam konfrensi pers di Kantor Kejati Jabar, Jalan LLRE Martadinata, Bandung, Kamis (31/3). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua orang auditor BPK Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat.

Kedua pegawai tersebut diketahui melakukan tindak penyelewengan wewenang dengan memeras instansi kesehatan di Kabupaten Bekasi.

Setelah diamankan dan dilakukan penyelidikan, penyidik Kejati Jabar menetapkan pegawai berinisial AMR sebagai tersangka pemerasan.

“Dari berdasarkan pemeriksaan intensif dan dilakukan gelar perkara, tim penyidik menyimpulkan bahwa terhadap oknum AMR ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat Asep N Mulyana di Kantor Kejati Jabar, Jalan LLRE Martadinata, Kamis (31/3).

Asep menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan, penyidik sudah menemukan dua alat bukti yang sah untuk menetapkan AMR sebagai tersangka. Untuk kemudian, perkara ini sekarang sudah dinaikan ke penyidikan.

Sementara itu, terhadap salah satu pegawai lainnya yakni F, Kejati Jabar mengembalikan yang bersangkutan ke pihak BPK Kanwil Jabar untuk dilakukan pembinaan selanjutnya.

“Yang ke dua, terhadap oknim F, yang kami sampaikan kemarin diamankan bersama AMR, berdasarkan pemeriksaan penyidik masih belum ditemukan cukup bukti untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan, Oleh sebab itu terhadap oknum F, kami serahkan kepada BPK Jabar untuk pembinaan selanjutnya,” jelas Asep.

Kata Asep, pihaknya masih terus melakukan pengembangan dalam kasus pemerasan pegawai BPK Kanwil Jabar itu. Tidak menutup kemungkinan, berdasarkan alat bukti dan pengembangan, akan ada kemungkinan pelaku lain.

Kejati Jabar menetapkan salah satu auditor BPK Kanwil Jabar berinisial AMR dalam kasus penyelewengan wewenang yakni memeras instansi kesehatan di Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News