Terjerat OTT, Begini Cara Auditor BPK Jabar Memeras Korban

Kamis, 31 Maret 2022 – 09:50 WIB
Terjerat OTT, Begini Cara Auditor BPK Jabar Memeras Korban - JPNN.com Jabar
Kepala Kejati Jawa Barat Asep N Mulyana. Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dua auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Wilayah Jawa Barat terjerat operasi tangkap tangan (OTT) oleh Kejati Jabar di Kabupaten Bekasi. Dari tangan pelaku, Jaksa mengamankan uang sebesar Rp 350 juta dari dalam tas ransel.

Kedua auditor berinisial AMR dan F ini diduga melakukan pemerasan dengan modus pemeriksaan temuan di Kabupaten Bekasi.

Kepala Kejaksaan (Kajati) Jawa Barat Asep N Mulyana mengatakan, modus operandi yang dipakai pelaku dalam mengambil uang adalah dengan menyampaikan adanya temuan kejangggalan dalam laporan keuangan sebuah instansi. Kemudian, pelaku menawarkan sebuah negosiasi terhadap instansi yang sedang diauditnya.

“Modusnya kurang lebih bahwa dia menyampaikan ada temuan dan kemudian akan menegokan. Kalau tidak memberikan uang, akan diungkap. Kalau memberikan, ini (temuan) akan diselesaikan,” kata Asep melalui keterangan resminya, Kamis (31/3).

Tak tanggung-tanggung, kedua pegawai ini meminta uang dengan nominal yang tidak kecil. Katanya, untuk skala rumah sakit, mereka meminta hingga Rp 500 juta. Sementara untuk puskesmas dimintai sekitar Rp 20 juta.

“Yang diminta kurang lebih Rp 500 juta untuk rumah sakit daerah dan 17 puskesmas masing-masing Rp 20 juta,” ucapnya.

Lebih lanjut, tim gabungan Kejati Jabar dan Kejari Bekasi menemukan uang Rp 350 juta dari dalam ras ransel yang ditemukan di apartemen. Diduga, apartemen tersebut ditempati keduanya di Bekasi.

Menurut Asep, pihak rumah sakit sudah menyerahkan uang sebesar Rp 100 juta, sedangkan dari puskesmas uang yang disetorkan nominalnya beragam yang totalnya Rp 250 juta.

Memalukan, dua auditor BPK terjerat OTT oleh Kejati Jabar. Begini modus yang dilakukan kedua auditor BPK dalam beraksi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News