Polisi Tindak Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Selama Operasi Patuh Lodaya di Cirebon

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 16:15 WIB
Polisi Tindak Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Selama Operasi Patuh Lodaya di Cirebon - JPNN.com Jabar
Ilustrasi polisi di jalan raya. Foto: dokumen JPNN.Com

jabar.jpnn.com, CIREBON - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota menindak 1.105 pelanggar lalu lintas dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya di wilayah hukumnya.

Adapun Operasi Patuh Lodaya digelar sejak 15 hingga 28 Juli 2024.

“Untuk perbandingan, pada 2023 jumlah pelanggaran tercatat 930 pelanggar, sedangkan pada tahun ini meningkat menjadi 1.105 pelanggar,” kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP Ngadiman, dikutip sabtu (3/8).

Selama Operasi Patuh Lodaya, kata Ngadiman, terdapat 230 pelanggar yang ditindak melalui sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Sedangkan sisanya hanya mendapat teguran langsung maupun tertulis.

Pelanggaran yang paling banyak ditemukan, kata Ngadiman, yaitu pengendara yang tidak memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI), diikuti oleh pengendara di bawah umur dan pelanggaran melawan arus.

Selain itu, petugas juga menindak 105 pelajar, yang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas selama operasi tersebut.

“Kami mengerahkan sejumlah petugas untuk melaksanakan operasi ini pada beberapa titik strategis di Kota Cirebon,” ujarnya.

Selain penindakan, Ngadiman mengatakan, Operasi Patuh Lodaya kali ini juga mengedepankan langkah preventif. Mulai dari penyuluhan dan imbauan yang disampaikan pada media sosial, spanduk dan berbagai saluran lainnya.

Meski operasi resmi telah berakhir, Ngadiman berharap masyarakat di Kota Cirebon tetap mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada petugas yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Walaupun di luar operasi, diharapkan masyarakat tentunya selalu mematuhi aturan lalu lintas,” ucap Ngadiman. (ant/jpnn)

1.105 pelanggar lalu lintas ditindak dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya yang digelar Polresta Cirebon.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News