Datang ke Polres Depok, Dosen UI Siap Jadi Saksi Ahli Kasus Pembunuhan Mahasiswanya

Senin, 07 Agustus 2023 – 17:00 WIB
Datang ke Polres Depok, Dosen UI Siap Jadi Saksi Ahli Kasus Pembunuhan Mahasiswanya - JPNN.com Jabar
Kriminolog UI, Andrianus Meliala saat datang ke Polres Metro Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dosen dan juga Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Andrianus Meliala bersama civitas akademika UI datang ke Polres Metro Depok, pada Senin (7/8).

Kedatangannya tersebut, yakni terkait kasus yang menimpa mahasiswa UI, baik pelaku maupun korbannya.

"Tentu tujuan utama kami untuk mengetahui apa lingkup masalahnya dan yang kedua dalam rangka memberikan dukungan kepada Polres Depok," ucapnya di Polres Metro Depok.

Pihak UI tentunya ingin agar kebenaran terungkap. Dia juga mengaku siap membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut.

"Jika ada hal-hal yang diperlukan, di mana kami sebagai ahli bisa membantu, maka kami siap membantu. Mengingat kami di UI juga ada 3 ribu dosen ya. Tentu kalau misalnya diperlukan ahli psikologi, ahli kedokteran, atau yang lain, kami akan dengan senang hati membantu," tuturnya.

Kemudian, UI sebetulnya memiliki berbagai layanan yang bisa digunakan oleh pihak kepolisian untuk memberikan layanan secara cepat,  seperti layanan kedokteran forensik.

"Misal kepolisian memerlukan dukungan visum, itu enggak usah jauh-jauh ke RS Polri, di UI juga sebetulnya cukup memiliki jasa dan kemampuan untuk itu. Demikian juga untuk mahasiwa yang memiliki masalah terkait kehidupan sosialnya, psikologinya, sebetulnya UI memiliki dukungan kelembagaan. Alhasil, mahasiswa UI bisa dibantu dan menyelesaikan masa studinya dengan baik," jelasnya.

Namun, jika pihak kepolisian memperhitungkan untuk tidak melibatkan ahli dari pihak UI, hal tersebut menurutnya sah-sah saja dilakukan.

Dosen dan civitas UI datangi Polres Depok untuk mengetahui lingkup masalah serta siap menjadi saksi ahli dalam kasus pembunuhan yang dilakukan mahasiswanya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News