Jalan Tobat Mantan Anggota Geng Motor, Bangun Masjid Di Kolong Jembatan Buah Batu Bandung

Jumat, 31 Maret 2023 – 11:55 WIB
Jalan Tobat Mantan Anggota Geng Motor, Bangun Masjid Di Kolong Jembatan Buah Batu Bandung - JPNN.com Jabar
Masjid BJTB berlokasi di kolong jembatan Buah Batu, Jalan Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Banyak yang tidak tahu jika di kolong jembatan Buah Batu, tepatnya di perbatasan Kota Bandung – Kabupaten Bandung terdapat sebuah masjid.

Masjid beratapkan jembatan tol Padalarang – Cileunyi (Padaleunyi) itu dibangun oleh sekelompok orang yang berhijrah dari geng motor.

Adalah, Saepul Rohmat, satu dari sembilan orang yang tergerak membangun masjid di kawasan kolong jembatan yang rawan dengan tindak kriminal itu.

Satu tahun lalu, Saepul mulai menginisiasi sejumlah pihak agar memberikan izin untuk mengubah kolong jembatan sebagai sarana ibadah.

Dedi yang juga menjabat sebagai Sekretaris DKM Masjid BJTB itu pun memberikan kompensasi kepada penghuni sebelumnya agar mau pindah sehingga lahan bisa digunakan sebagai sarana ibadah.

Dana yang dipakai untuk pembangunan Masjid BJTB (Bawah Jembatan Tol Buah Batu) itu berasal dari donatur-donatur yang dikenalnya dan jemaah yang datang untuk ibadah.

“Dulu di sini masih kumuh dan bau. Pelan-pelan kami mau membangun pelahan. Kami tidak mau ada nahi munkar di sini,” katanya ditemui JPNN selepas bada Zuhur di Masjid BJTB, belum lama ini.

Menurutnya, sebelum dibangun masjid, lahan di kolong jembatan itu kerap dipakai untuk tindak kriminal, seperti jual beli Narkoba, minuman keras, dan lainnya.

Kisah mantan anggota geng motor yang tobat dengan membangun masjid di kolong jembatan Buah Batu Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News