Innalillahi, Bencana Pergeseran Tanah Kembali Terjadi di Kabupaten Bogor

Kamis, 30 Maret 2023 – 10:20 WIB
Innalillahi, Bencana Pergeseran Tanah Kembali Terjadi di Kabupaten Bogor - JPNN.com Jabar
Kerusakan bangunan akibat pergeseran tanah di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengungkapkan bahwa daerahnya kembali mengalami bencana alam berupa pergeseran tanah di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur.

"Rembesan air bergerak dengan mudah dan membawa lapisan tanah di bawahnya yang didasari lapisan lempeng mengakibatkan pergeseran tanah kurang lebih satu kilometer dari titik nol," ungkap Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin.

Menurutnya peristiwa pergeseran tanah yang mengakibatkan satu bangunan vila rusak berat itu terjadi pada Selasa (28/3) petang.

Bencana tersebut juga merusak infrastruktur jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur.

Jalal menyebutkan BPBD telah melakukan beberapa upaya penanganan berupa koordinasi dengan aparatur setempat, melakukan kaji cepat dan analisa di lokasi bencana, serta memberikan edukasi kebencanaan dan imbauan kepada masyarakat sekitar.

"Material bangunan yang roboh saat ini belum dibersihkan dan pergeseran masih berlanjut kurang lebih 20 menit sekali. Diperkirakan hasil analisa anggota di lokasi, dibutuhkan penanganan lebih lanjut dari pihak terkait," ujar Jalal.

Pergeseran tanah juga sempat terjadi beberapa kali di Kabupaten Bogor pada tahun 2022.

Terakhir, yaitu terjadi pada Rabu, 14 September 2022 di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang yang mengakibatkan rusaknya beberapa bangunan dan jalan desa.

Setelah sebelumnya Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang dilanda pergeseran tanah, kini bencana itu melanda Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News