6 Khasiat Labu Siam yang Luar Biasa, Bukan Kaleng-kaleng Bestie!

Minggu, 19 Maret 2023 – 08:30 WIB
6 Khasiat Labu Siam yang Luar Biasa, Bukan Kaleng-kaleng Bestie! - JPNN.com Jabar
Labu Siam Kecil. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Apakah Anda suka mengonsumsi berbagai sayuran? Nah, Anda tentu saja tahu labu siam.

Labu siam merupakan salah satu sayuran populer yang banyak dikonsumsi orang. Labu siam bisa dikonsumsi dengan diolah dalam bentuk direbus, kukus dan tumis.

Labu siam memiliki nilai gizi yang tinggi dan sarat dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

1. Kesehatan jantung

Banyak orang saat ini menderita penyakit jantung karena pola makan yang diperkaya lemak yang membuat mereka rentan terhadap peningkatan timbunan lemak di arteri.

Ini mempersulit jantung untuk memompa darah ke arteri. Flavonoid dalam labu siam bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah pengendapan kolesterol di arteri.

Sebuah studi oleh Ibarra-Alvardo et al. pada tahun 2010 menemukan bahwa ekstrak tanaman Meksiko ini membantu pengobatan penyakit jantung dengan memodifikasi otot polos arteri.

Selain itu, labu siam kaya akan serat, dan penelitian menunjukkan bahwa serat makanan bisa mencegah penyakit jantung.

2. Diabetes

Diabetes adalah kondisi medis di mana darah memiliki kadar gula yang tinggi. Sebuah studi review oleh Tiwari pada tahun 2014 menemukan bahwa antioksidan alami dalam sayuran seperti labu siam bisa menjaga keseimbangan glukosa dalam tubuh dan mengurangi lonjakan gula setelah makan.

Berikut ini enam manfaat labu siam yang luar biasa, salah satunya mampu menjaga kesehatan jantung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News