Menyiapkan Generasi Emas Jadi Salah Satu Kunci Penting Menyambut Indonesia Maju di 2045

Senin, 21 Oktober 2024 – 12:30 WIB
Menyiapkan Generasi Emas Jadi Salah Satu Kunci Penting Menyambut Indonesia Maju di 2045 - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan Bali Parenting Summit. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Seiring dengan tekad Indonesia menjadi negara maju pada 2045, salah satu faktor penting yang dinilai mendesak adalah menyiapkan generasi emas.

Hal itu penting agar mereka mampu menjadi sumber daya manusia tangguh yang berkepribadian mumpuni sehingga dapat terwujud Indonesia maju sebagaimana yang dicita-citakan.

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan digelarnya Bali Parenting Summit, yang salah satu agendanya adalah memastikan cetak biru menyongsong generasi emas 2045 dapat dilakukan sedini mungkin.

Dr. I.G.A.N Partiwi, SpA, MARS menyebutkan dengan asumsi pada 2045 nanti generasi emas harus diisi oleh manusia Indonesia produktif, berusia sekitar 25 tahun, maka tahun ini adalah waktu yang tepat untuk memulai jalan panjang dan berliku itu.

"Kalau ditarik mundur maka anak-anak yang lahir tahun ini, dan anak-anak yang saat ini berusia sekolah, adalah mereka yang akan menjadi bagian generasi produktif 2045 nanti. Inilah yang menjadi tugas besar kita bersama agar tumbuh kembang anak saat ini, dapat memastikan mereka menjadi generasi emas tangguh pada tahun 2045 nanti," kata wanita yang akrab disapa Dokter Tiwi.

Pada kesempatan yang sama, DR. dr. Ivan R. Sini menegaskan bahwa menyiapkan generasi muda Indonesia sebagai generasi emas 2045, berarti pula pemberdayaan peran orang tua sejak dini.

Khusus ibu, katanya, agar mengoptimalkan tahun-tahun pertama kehidupan anaknya. Menurut Ivan Sini, edukasi antenatal menjadi bagian penting dalam peran orang tua untuk menyiapkan generasi emas 2045.

"Edukasi antenatal ini penting bahkan sejak sebelum kelahiran. Program ini memastikan para calon ibu mendapat pengetahuan perawatan bayi yang cukup, terutama dalam hal persiapan pemberian ASI sebagai nutrisi sempurna untuk bayi", kata Ivan.

Menyiapkan generasi emas sejak dini, jadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan Indonesia Emas di 2045 mendatang
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News