Waspada! 5 Makanan dan Minuman Lezat Ini Bikin Asam Urat Langsung Kambuh

Rabu, 01 Maret 2023 – 07:30 WIB
Waspada! 5 Makanan dan Minuman Lezat Ini Bikin Asam Urat Langsung Kambuh - JPNN.com Jabar
Ilustrasi. Penderita asam urat. Foto Kosmayer/Shutterstock

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Asam urat biasanya identik dengan penyakit yang diderita orang dewasa. Namun, banyak juga anak muda yang kini menderita asam urat.

Asam urat biasanya terjadi akibat mengonsumsi makanan kaya purin dan faktor keturunan.

Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan penyakit ini untuk mencegah asam urat kambuh.

Perlu diketahui, asam urat merupakan zat hasil pecahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh.

Namun, purin ternyata juga bisa ditemukan di berbagai makanan dan minuman.

Penderita asam urat harus menghindari makanan mengandung purin untuk mengurangi risiko kambuh pada masa mendatang. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Seafood

Perlu diketahui, bahwa beberapa jenis makanan laut alias seafood, seperti kerang, udang dan teri merupakan penyebab asam urat karena memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Selain itu, ikan sarden, mackerel, herring juga mengandung purin yang tinggi. Makanan laut merupakan salah satu pantangan yang perlu dihindari oleh penderita penyakit asam urat.

Lima makanan dan minuman lezat ini bikin asam urat langsung kambuh. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News