Campaign Ajak Anak Muda Mengenal Lebih Dekat Profesi Hijau

Kamis, 26 Januari 2023 – 14:41 WIB
Campaign Ajak Anak Muda Mengenal Lebih Dekat Profesi Hijau - JPNN.com Jabar
Campaign Ajak Anak Muda Mengenal Lebih Dekat Profesi Hijau. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Indonesia bersama negara-negara tetangga menyatakan komitmennya untuk mengampanyekan pekerjaan ramah lingkungan (green jobs) di ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 pada 2018. Hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

Menurut International Labour Organization (ILO), green jobs menjadi lambang perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan serta mampu melestarikan lingkungan untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan yang makin menurun, green jobs bisa menjadi salah satu solusi jalur karier yang ramah lingkungan dan ramah sosial, namun belum menjadi pilihan pekerjaan bagi para fresh graduate saat ini. Hal ini dikarenakan informasi mengenai green jobs dan potensinya belum merata dan diketahui generasi muda.

Dilansir dari laporan Global Green Growth Institute (GGGI), kebutuhan tenaga kerja green jobs di Indonesia diproyeksikan mencapai 4,4 juta orang pada 2030. Hal ini menandakan peluang green jobs terbuka luas bagi para pencari pekerjaan.

Campaign.com berkolaborasi dengan Generasi Lestari mengenalkan green jobs kepada anak muda lewat kampanye sosial. Terdapat dua kampanye sosial untuk mendukung green jobs yang dapat diikuti di aplikasi Campaign #ForChange.

Kampanye pertama berjudul #DukungProfesiHijau yang diinisiasi oleh Gajahlah Kebersihan, sebuah komunitas asal Lampung yang bergerak di bidang pendidikan lingkungan. Gajahlah Kebersihan mengajak masyarakat untuk mengenal, memahami, serta mendukung green jobs.

Sustainability Director Gajahlah Kebersihan, Dicky Dwi Affandi mengungkapkan, kampanye ini merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat.

“Kami menyadari bahwa belum seluruh masyarakat teredukasi terkait karier di bidang lingkungan. Padahal, green jobs memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain dan lingkungan. Lewat kampanye ini, kami ingin
memberi inspirasi bahwa pekerjaan hijau bisa menjadi pilihan karier yang berkelanjutan bagi anak muda,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (26/1).

Campaign berkolaborasi dengan Generasi Lestari mengenalkan green jobs kepada anak muda lewat kampanye sosial
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News