Gempa Bumi 4,3 Magnitudo Kembali Mengguncang Cianjur, Aktivitas Sesar Cugenang Jadi Penyebabnya

Selasa, 24 Januari 2023 – 11:40 WIB
Gempa Bumi 4,3 Magnitudo Kembali Mengguncang Cianjur, Aktivitas Sesar Cugenang Jadi Penyebabnya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Gempa bumi berkekuatan 4,3 magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Cianjur, pada Selasa (24/1) sekitar pukul 02.45 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan dari hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang,” ucapnya dalam keterangan resminya, Selasa (24/1).

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah, seperti wilayah Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, Warungkondang dan Karangtengah.

Getaran gempa bumi ini juga dirasakan beragam oleh masyarakat. Ada yang merasakan dengan Skala Intensitas III - IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu - Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi) dan lainnya.

"Di Purwakarta, dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," ujarnya.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Selasa 24 Januari 2023 pukul 03:15 WIB telah terjadi gempabumi di wilayah Cianjur sebanyak 487 kali

Gempa bumi 4,3 Magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Cianjur, pada Selasa (24/1), sekitar pukul 02.45 WIB, yang diakibatkan aktivitas Sesar Cugenang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News