Jusuf Kalla Beri Tips Khusus Jadi Wirausaha Ulung untuk Anak Muda di Bandung

Sabtu, 21 Januari 2023 – 16:30 WIB
Jusuf Kalla Beri Tips Khusus Jadi Wirausaha Ulung untuk Anak Muda di Bandung - JPNN.com Jabar
Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam konferensi pers kegiatan 'Pesta Wirausaha Nasional' di Sport Jabar, Jalan Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (21/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ‘Pesta Wirausaha Nasional’ yang digelar komunitas Tangan Di Atas (TDA).

Jusuf Kalla memberikan sejumlah tips dan trik kepada ribuan UMKM yang mengikuti festival pengusaha yang digelar di Youth Space Jabar, Jalan Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (21/1). 

Menurutnya, menjadi seorang pengusaha dibutuhkan kejelian dalam melihat sebuah peluang.

Kemudian, memaksimalkan kemampuan yang dimiliki serta mampu membaca apa yang dibutuhkan pasar.

“Pergunakan kemampuan, dimulai dengan apa yang kira-kira bisa dimaksimalkan, seperti periksa pasar seerti apa, apa yang mau dibuat,” kata eks Wapres periode 2004 – 2009 dan 2014 – 2019 itu.

Selain itu, untuk anak muda dia pun berpesan agar cepat bergerak apabila sudah menemukan ide bisnis.

“Ya mulai saja, jangan terlalu berpikir panjang, karena kesempatan itu sangat terbatas,” tuturnya.

Apalagi Indonesia di tahun ini diprediksi akan terancam resesi global. Maka persiapan semuanya harus dipikirkan, agar bisnis tak sampai turun.

Mantan Wapres Jusuf Kalla hadir dalam pembukaan kegiatan 'Pesta Wirausaha Nasional' yang digelar komunitas Tangan Di Atas di Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News