Gempa 3,4 Magnitudo Dirasakan di Kabupaten Cianjur

Sabtu, 21 Januari 2023 – 11:25 WIB
Gempa 3,4 Magnitudo Dirasakan di Kabupaten Cianjur - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Gempa bumi dengan kekuatan 3,4 magnitudo dirasakan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dan sekitarnya pada Sabtu (21/1), sekitar pukul 06.23 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan, dari hasil analisa yang dilakukannya menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat 6.8 LS dan 107.07 BT.

"Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur pada kedalaman 4 kilomter," ucap Hartanto dalam keterangan resminya.

Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas sesar cugenang.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kecamatan Pacet dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kota Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujarnya.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Sabtu 21 Januari 2023 pukul 07.00 WIB telah terjadi gempa bumi di wilayah Cianjur sebanyak 482 kali.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Gempa berkekekuatan 3,4 magnitudo dirasakan di Kabupaten Cianjur, pada Sabtu (21/1) sekitar pukul 06.23 WIB

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News