Mengintip Potensi Menjanjikan Taman Herbal Pasirhalang Sukabumi

Selasa, 10 Januari 2023 – 13:15 WIB
Mengintip Potensi Menjanjikan Taman Herbal Pasirhalang Sukabumi - JPNN.com Jabar
Objek wisata Taman Herbal yang berada di Kampung Tugu, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (ANTARA)

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Keberadaan Taman Herbal di Desa Pasirhalang, Kabupaten Sukabumi dijadikan sarana bagi warga untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendongkrak perekonomian.  

"Taman Herbal di Kampung Tugu, Kecamatan Sukaraja merupakan objek wisata yang menjadi ikon desa kami, karena di sini warga bisa mengembangkan berbagai usahanya dengan memanfaatkan potensi yang ada," kata Kepala Desa Pasirhalang, Yusuf Purnama.

Menurut Yusuf, dibangunannya Taman Herbal pada 2019 lalu ini untuk mengoptimalkan potensi dan aset desa demi kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan asli desa (PADes).

Beragam tumbuhan ditanam di Taman Herbal ini, seperti beragam jenis jamu-jamuan dan tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan dan menjaga kesehatan masyarakat.

Taman Herbal ini merupakan salah satu program unggulan Desa Pasirhalang untuk menumbuhkan sektor ekonomi masyarakat yang berselaras dengan program Pemkab Sukabumi terkait pemanfaatan lahan pekarangan.

Selain tempat untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, objek wisata ini pun merupakan tempat edukasi pembuatan batik khas desa setempat sebagai daya tarik tersendiri.

Sehingga selain warga, wisatawan juga bisa belajar membatik di Rumah Batik Khas Desa Pasirhalang.

Dengan demikian keberadaan Taman Herbal ini mempunyai banyak fungsi selain untuk mendongkrak perekonomian desa, juga dijadikan tempat edukasi tanaman obat dan parawisata.

Selain sebagai sarana edukasi dan pariwisata, Taman Herbal di Desa Pasirhalang, Kabupaten Sukabumi juga berpotensi mendongkrak ekonomi warga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News