Masjid Al Jabbar Bisa Menjadi Kawasan Wisata Religi Potensial

Rabu, 21 Desember 2022 – 15:40 WIB
Masjid Al Jabbar Bisa Menjadi Kawasan Wisata Religi Potensial - JPNN.com Jabar
Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Benny Bachtiar optimistis Masjid Al Jabbar akan menjadi salah satu destinasi wisata religi potensial.

Diketahui, masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu akan diresmikan pada 30 Desember 2022.

"Jawa Barat (akan) memiliki destinasi wisata religi (baru) dan bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan," ucap Benny dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (21/12).

Benny menyebut, Masjid Al Jabbar memiliki keunikan dari gaya arsitekturnya. Selain itu, salah satu faktor pendukung kemajuan pariwisata yaitu akses yang mudah.

Masjid Al Jabbar sendiri memiliki gaya kontemporer, dengan total pembangunan ada di atas lahan seluas 25 hektar, dan dilengkapi banyak fasilitas yang akan menjadikan masjid sebagai pusat edukasi Islam, wisata religi dan ruang interaksi publik.

"Ini menjadi salah satu masjid yang secara arsitektur sangat ikonik, akses dan fasilitas yang sudah dibangun pemerintah juga ada seperti akses tol KM 149, kereta cepat Jakarta-Bandung, hingga Stadion Gelora Bandung Lautan Api," kata Benny.

Lebih lanjut, Benny menambahkan, salah satu keuntungan dari meningkatnya pariwisata di Masjid Al Jabbar yaitu perekonomian. Sejatinya, kata Benny, masyarakat di sekitar kawasan wisata akan mendapatkan multiplier effect, salah satunya di sektor perekonomian.

"Kehidupan sekitar masjid akan menjadi lebih makmur. Masyarakat dapat menjual produk-produk ekonomi kreatif seperti souvenir, makanan dan minuman. Selain itu, juga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat di Kawasan Bandung Timur," ujar Benny. (mar5/jpnn)

Masjid Al Jabbar bisa menjadi kawasan wisata religi potensial bagi Jawa Barat. Masyarakat sekitar akan mendapatkan multiplier effect dari sisi ekonomi.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News