Diresmikan Akhir Tahun, Daya Tampung Masjid Al Jabbar Bandung Mencapai 33 Ribu Jemaah

Selasa, 20 Desember 2022 – 13:40 WIB
Diresmikan Akhir Tahun, Daya Tampung Masjid Al Jabbar Bandung Mencapai 33 Ribu Jemaah - JPNN.com Jabar
Sekretaris Dinas (Sekdis) Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Iwan Suwanagiri (kedua dari kiri) saat hadir sebagai narasumber dalam diskusi Gaspol PWI Gedung Sate 'Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal' di Kota Bandung, Selasa (20/12). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pembangunan Masjid Al Jabbar Bandung dipastikan rampung pada bulan Desember ini. Rencananya masjid tersebut akan diresmikan pada 30 Desember 2022.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Iwan Suwanagiri mengatakan, masjid milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat itu mampu menampung sebanyak 33 ribu orang.

Dengan luas area pembangunan mencapai 29.997 hektare, maka tak heran kalau di dalamnya bisa menampung banyak jemaah.

"Total kapasitas Masjid Raya Al Jabbar ini bisa menampung 33 ribu orang. Itu sudah dari semua fasilitas yang tersedia nantinya," kata Iwan dalam diskusi Gaspol PWI Gedung Sate 'Mahakarya Masjid Al Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal' di Kota Bandung, Selasa (20/12).

Iwan menjelaskan, nantinya fasilitas yang disediakan pun akan banyak, seperti selasar, plaza, ruang salat mezaninen, dan ruang salat utama.

Masjid Al Jabbar sendiri didesain berdiri di atas air, masyarakat bisa menyebutnya dengan nama Masjid Apung atau Terapung.

"Total kapasitas untuk selasar sendiri bisa mencapai 3.627 orang. Sedangkan untuk plaza bisa mencapai 16.363 orang. Jika digabungkan dengan tempat salat utama dan mezanine bisa mencapai 33 ribu," tuturnya.

Beberapa fasilitas di Masjid Al Jabbar juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum.

Masjid Al Jabbar Bandung yang akan diresmikan akhir tahun ini bisa menampung hingga 33 ribu jemaah di dalamnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News