Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Tuding Jajanan Sekolah Penyebab Gagal Ginjal Akut

Jumat, 04 November 2022 – 12:51 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Tuding Jajanan Sekolah Penyebab Gagal Ginjal Akut - JPNN.com Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuding jajanan sekolah menjadi salah satu penyebab gagal ginjal akut.

Menurut orang nomor dua di Jabar itu, jajanan sekolah tidak higienis dan bergizi. Selain itu, terdapat pedagang 'nakal' yang kerap kali tidak memperhatikan kandungan bahan yang digunakan untuk membuat produk jualannya.

"Misalnya jajanan di sekolah, itu kan mungkin banyak atau ada saja orang yang jualan di sekolah dengan niat hasil yang sebanyak-banyaknya, modalnya sedikit. Kemudian membuat hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang ada seperti tentang gizi, kesehatan, higienis, dan lain sebagainya," ucap Uu di Bandung, dikutip Jumat (4/11).

Oleh karena itu, Uu meminta pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan pencegahan. Salah satunya terkait jajanan yang ada di wilayah sekolah.

"Saya juga minta kepada para kepsek (kepala sekolah) untuk lebih memberikan perhatian dan evaluasi terhadap para pedagang yang ada di sekolah. Karena kebanyakan, mohon maaf sekali, itu kan UKM tidak mengetahui bahayanya (kandungan makanan) yang digunakan," tuturya.

Adapun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus melakukan kontrol obat sirop yang dilarang beredar oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di apotek atau toko obat.

Obat sirop yang dilarang beredar ini mengandung kandungan senyawa Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang diduga menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak.

"Pemerintah memang sudah mengadakan kontrol tetapi karena pemerintah itu terbatas, sekalipun kami mempunyai kewenangan dan legalitas tetapi lebih baik kami melakukan ini bersama-sama," kata Uu.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul meminta kepada orang tua untuk lebih ketat dalam mengawasi anaknya, khususnya saat membeli jajanan di sekolah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News