Puluhan Siswa Keracunan Yoghurt, Pemkab Bandung Barat Bakal Awasi Ketat Jajanan Sekolah

Jumat, 13 Oktober 2023 – 14:30 WIB
Puluhan Siswa Keracunan Yoghurt, Pemkab Bandung Barat Bakal Awasi Ketat Jajanan Sekolah - JPNN.com Jabar
Suasana di SDN 1 dan 2 Cimerang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Arsan Latif meminta Dinas Kesehatan dan pihak terkait untuk melakukan pengawasan ketat jajanan di sekolah.

Hal itu dilakukan seusai terjadinya keracunan yang menimpa puluhan siswa SDN 1 dan 2 Cimerang, Bandung Barat pada Rabu (11/10).

“Segera mengecek betul ini, kepala dinas kesehatan untuk Pantau semua tempat-tempat yang berpotensi untuk ada penjualan makanan yang berisiko,” kata Arsan, Jumat (13/10).

Arsan menuturkan, para pedagang di sekolah perlu mendapatkan pembinaan untuk memastikan makanan yang dijual itu layak dikonsumsi.

“Kami sementara akan komunikasi, makanan yang dijual itu kami berikan pendidikan (kepada pedagang),” tuturnya.

Sementara itu, terkait mewajibkan seluruh sekolah di Bandung Barat memiliki kantin, kata Arsan, masih diperlukan komunikasi dengan dinas pendidikan maupun seluruh kepala sekolah.

“Karena juga ini masalah ekonomi yang berputar. Kalau nanti ada kantin di dalam kesannya nanti mereka yang dihidupi, masyarakat yang di luar bagaimana,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Hernawan Wijayanto mengatakan, sampai hari ini pihaknya belum bisa memastikan penyebab dari 22 siswa SD keracunan seusai mengonsumsi yoghurt yang mereka beli dari pedagang di sekolah.

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif meminta pihak terkait untuk pengawasan jajanan di sekolah agar diperketat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News