Komentar Wagub Jabar Uu Ruzhanul Soal RUU Perlindungan PRT

Selasa, 01 November 2022 – 18:25 WIB
Komentar Wagub Jabar Uu Ruzhanul Soal RUU Perlindungan PRT - JPNN.com Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum ditemui seusai menjenguk ART korban kekerasan oleh majikannya di RS Sartika Asih, Jalan Moch Toha, Kota Bandung, Selasa (1/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Marak tindak kekerasan kepada Asisten Rumah Tangga (ART) oleh majikan menjadi bukti bahwa belum terjaminnya keselamatan ART saat bekerja.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta kepada masyarakat untuk lebih peka akan situasi yang terjadi di sekitar lingkungannya.

“Saya berharap kepada masyarakat kalau ada kejadian di sekitar kita harus benar-benar peka. Karena menurut informasi kejadian ini bukan sekali ini saja, bahkan sering terdengar tangisan di malam hari,” kata Uu ditemaui di RS Sartika Asih, Jalan Moh Toha, Kota Bandung, Selasa (1/11).

Sementara disinggung mengenai Undang-undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT), Uu lebih mengarahkan kepada kesadaran masyarakat untuk beragama.

“Hanya kita harus bisa memberikan pengertian dan kesadaran kepada masyarakat terutama kesadaran untuk beragama karena dengan agama, hidup jadi terarah tetapi tidak menutup kemungkinan terus marak. Nanti akan ada payung hukum yang menguatkan untuk menyadarkan masyarakat,” jelasnya.

Adapun dalam kejadian kekerasan ART di Kabupaten Bandung Barat, Uu menyebut kalau kasus itu sudah ditangani pihak berwajib dan dinas terkait.

Ihwal bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat kepada korban, Uu menyebut pihaknya masih fokus dalam penyembuhan korban.

Namun Ia menyebut kalau korban memang harus mendapatkan bantuan karena sebagai tulang punggung keluarga.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta kepada masyarakat untuk lebih peka dengan keadaan di lingkungan sekitar untuk pencegahan terjadinya kekerasan pada ART.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News