Mendagri Tito Karnavian Apresiasi Inovasi Teknologi Informasi Pemkab Sumedang

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 22:00 WIB
Mendagri Tito Karnavian Apresiasi Inovasi Teknologi Informasi Pemkab Sumedang - JPNN.com Jabar
Mendagri Tito Karnavian Apresiasi Inovasi Teknologi Informasi Pemkab Sumedang. Foto: Humas Pemkab Sumedang.

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian mengapresiasi berbagai inovasi yang dimiliki Kabupaten Sumedang.

Apresiasi itu diungkapkan Mendagri Tito Karnavian saat melakukan kunjungan ke Command Center Sumedang, Jumat (22/10).

"Banyak sekali masukan-masukan kepada saya tentang inovasi-inovasi di Kabupaten Sumedang, terutama terkait teknologi informasi e-Government. Saya  kagum karena ini memang hanya bisa terbentuk kolaborasi antara pimpinan, staf dan para petugas di lapangan," ujar Tito.

Tito menuturkan, semua proses tersebut melibatkan kolaborasi yang luar biasa karena pastinya harus ada proses input atau yang memberikan masukan, dan inputnya melibatkan banyak pihak sampai ke tingkat desa.

"Artinya sistem ini sudah melibatkan banyak para inputer yang harus kita ajarkan terlebih dahulu supaya tidak Gaptek. Lalu ada proses analisis, entah itu manual atau berbasis IT. Selanjutnya adalah user untuk mengambil kebijakan," ujarnya.

Tito menyebutkan, Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda merupakan orang-orang yang menyukai pengetahuan, sehingga tidak kaget dengan istilah-istilah terminologi asing dan yang lainnya.

Menurut Tito, birokrat yang membuat keputusan tanpa didasari teori lebih mirip seperti penjudi karena setiap keputusan harus ditindaklanjuti dengan langkah-langkah yang terukur dan ilmiah. 

Ia juga mengutip kalimat dari seorang ilmuwan bernama Joseph Stiglitz.

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian mengapresiasi berbagai inovasi yang dimiliki Kabupaten Sumedang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News