Melalui Gelar Karya, SMPI Al Azhar 36 Bandung Siap Cetak Siswa Berkarakter Pancasila

Selasa, 18 Oktober 2022 – 20:31 WIB
Melalui Gelar Karya, SMPI Al Azhar 36 Bandung Siap Cetak Siswa Berkarakter Pancasila - JPNN.com Jabar
Melalui Gelar Karya, SMPI Al Azhar 36 Bandung Siap Cetak Siswa Berkarakter Pancasila. Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar 36 Bandung mengadakan 'Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila' dengan tema kewirausahaan.

Kepala Sekolah SMPI Al Azhar 36 Bandung, Nurul Intan Septiani mengatakan, Kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter pada anak.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diyakini dapat menumbuhkan jiwa wirausaha dan kemandirian siswa sejak dini.

"Salah satu tujuan kurikulum merdeka ialah mengembangkan potensi peserta didik. Kami ingin menjadikan siswa sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif, serta beradab," ucap Nurul dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Selasa (18/10).

Nurul menuturkan, dalam gelar karya tersebut terdapat 15 olahan makanan yang dijajakan para siswa kelas VII SMPI Al Azhar Bandung.

Adapun olahan makanan tersebut merupakan hasil observasi yang dilakukan siswa dua pekan sebelum dilaksanakannya gelar karya.

Kegiatan tersebut sangat relevan dengan tujuan kurikulum merdeka. Satu di antaranya yaitu menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

"Sebelum mengikuti gelar karya, para siswa diminta untuk melakukan observasi. Mereka datang ke produsen olahan makanan dan belajar langsung cara membuatnya, kemudian dipamerkan dan dijual pada acara gelar karya kali ini," ujar Nurul.

Mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, SMPI Al Azhar 36 Bandung adakan gelar karya untuk tingkatkan keterampilan dan karakter siswa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News