Wujudkan Digitalisasi Pendidikan dan Pemerintahan, Pemkab Sumedang Gandeng Microsoft

Rabu, 07 September 2022 – 23:43 WIB
Wujudkan Digitalisasi Pendidikan dan Pemerintahan, Pemkab Sumedang Gandeng Microsoft - JPNN.com Jabar
Pemerintah Kabupaten Sumedang menjalin kolaborasi dengan Microsoft untuk digitalisasi di bidang pendidikan dan pemerintahan.

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang menjalin kolaborasi dengan Microsoft Indonesia di bidang pendidikan dan pemerintahan digital.

Kolaborasi ini, merupakan bagian dari inisiatif Living Lab Kabupaten Sumedang, diawali pemberian lisensi Microsoft Office 365 kepada guru dan siswa di sekolah pendidikan dasar serta menengah yang merupakan bagian dari Sekolah Penggerak Sumedang.

Seremoni serah terima simbolis lisensi Office 365 tersebut dilakukan antara Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dengan Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir di Command Center Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, kolaborasi Pemkab Sumedang dan Microsoft ini memungkinkan untuk saling belajar dan menerapkan praktik digitalisasi pemerintahan serta pendidikan melalui pemanfaatan teknologi Microsoft yang aman dan terpercaya.

"Melalui kolaborasi ini, variasi program Living Lab Kabupaten Sumedang akan semakin kuat. Kami berharap apa yang kami lakukan di Living Lab menjadi inspirasi dan direplika kabupaten/kota lain di Indonesia, terkait penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” ucap Doni dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/9).

Sementara itu, dari sisi Pemerintah Digital, Pemkab Sumedang akan menjajaki penggunaan Office 365 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk optimasi kerja kolaborasi modern di era hybrid saat ini, serta pengimplementasian teknologi Power BI untuk Sumedang Command Center yang dapat mendukung proses analisis serta visualisasi data Kabupaten Sumedang dalam dashboard yang lebih sederhana.

Kolaborasi ini pun sejalan dengan Roadmap Digital Indonesia 2021 – 2024 yang menggarisbawahi empat komponen utama dalam akselerasi transformasi digital Indonesia.

Di antaranya, infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, serta masyarakat yang berbasis digital.

Pemerintah Kabupaten Sumedang menjalin kolaborasi dengan Microsoft untuk digitalisasi di bidang pendidikan dan pemerintahan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News