Bersama Sejumlah Universitas Ternama Biofarma Terus Mematangkan Uji Klinis Vaksin Indovac

Minggu, 16 Oktober 2022 – 17:45 WIB
Bersama Sejumlah Universitas Ternama Biofarma Terus Mematangkan Uji Klinis Vaksin Indovac - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo saat menghadiri peluncuran vaksin Indovac di Kantor PT Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (13/10). Foto: Dokumentasi PT Bio Farma

jabar.jpnn.com, BANDUNG - PT Bio Farma (Persero) terus berkomitmen agar vaksin Indovac yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo bisa memberikan manfaat besar bagi sektor kesehatan di Indonesia.

Oleh karena itu, Biofarma terus bekerja sama dengan berbagai universitas di dalam negeri dalam melakukan uji klinis Indovac, baik untuk vaksinasi usia 12-17 tahun yang sedang berjalan maupun untuk usia di bawah 12 tahun.

Vaksin Indovac untuk vaksinasi primer (dosis 1 & 2) usia dewasa sudah mendapatkan use emergency authorization (EUA) atau izin penggunaan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 24 September 2022.

Setelah itu Biofarma juga telah melaksanakan uji klinis Indovac untuk vaksinasi lanjutan atau penguat (booster) sejak 1 September hingga 10 Oktober 2022 dan hasil uji itu sudah diajukan ke BPOM untuk ditinjau kelayakannya.

Saat ini, Biofarma pun tengah menunggu keputusan BPOM untuk EUA vaksin Indovac booster dewasa yang diharapkan keluar akhir Oktober ini.

Direktur Utama Biofarma, Honesti Basyir menuturkan bahwa portofolio Indovac semakin luas untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan vaksin.

“Dari uji klinis hasil kerja sama para ilmuwan Biofarma dengan peneliti dari berbagai universitas di Indonesia terlihat data ilmiah Indovac memiliki keamanan yang baik, efektivitas yang lebih bagus dari vaksin pembanding dengan efikasi di atas 80 persen, serta halal,” katanya dalam keteranga resmi, Minggu (16/10).

“Bahkan yang paling penting, seperti yang telah disampaikan Bapak Presiden Jokowi saat peluncuran Indovac, ini adalah produksi dalam negeri karya putra-putri terbaik bangsa, khususnya kaum muda. Selanjutnya, kalau memang diperlukan, kami siap melakukan uji klinis vaksinasi untuk anak usia 11 tahun ke bawah,” sambungnya.

PT Biofarma menggandeng sejumlah universitas demi mematangkan uji klinis vaksin Indovac untuk seluruh kalangan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News