Sudah Punya Vaksin Indovac, Indonesia Tidak Akan Impor Lagi

Jumat, 14 Oktober 2022 – 16:46 WIB
Sudah Punya Vaksin Indovac, Indonesia Tidak Akan Impor Lagi - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo meluncurkan vaksin IndoVac yang merupakan vaksin COVID-19 pengembangan dalam negeri di kantor PT Bio Farma, Jalan Terusan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (13/10/2022). Foto: Angga/Biro Adpim

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Indonesia resmi memiliki vaksin Covid-19 buatan anak bangsa. PT Biofarma secara resmi meluncurkan vaksin Indovac yang diperuntukan bagi masyarakat.

Peluncuran vaksin Indovac oleh Presiden Joko Widodo ini membuktikan bahwa Indonesia mampu memproduksi vaksin kesehatan yang berkualitas.

Setelah memiliki Indovac, PT Biofarma bertekad tidak akan mengimpor vaksin dari luar negeri.

Direktur Utama PT Biofarma Honesti Basyir menuturkan, hal itu sebagai komitmen produksi vaksin dalam negeri yang mampu setara dengan vaksin buatan luar negeri.

“Indonesia tidak akan impor lagi vaksin Covid-19 dari luar negeri. Kami sepenuhnya akan menggunakan vaksin buatan dalam negeri, sesuai arahan Menteri Kesehatan.

Menurutnya, vaksin Indovac itu kualitasnya setara dengan vaksin Covid-19 yang selama ini digunakan di Indonesia.

“Dari sisi kualitas, efikasinya, semua sama dengan vaksin impor. Itu dibuktikan dengan data haji uji klinis, bukan hanya pernyataan saya, dan kepastian tentang kehalalan juga sudah diberikan oleh Kementerian Agama,” katanya dalam keterangan, Jumat (14/10).

Ia juga menjelaskan, selain untuk kebutuhan dalam negeri, vaksin Indovac rencananya juga akan dikirim untuk kemanusiaan ke negara-negara yang selama ini tingkat vaksinasinya rendah, seperti beberapa negara di Afrika.

PT Biofarma resmi meluncurkan vaksin Covid-19 dengan nama Indovac. Kehadiran vaksin ini membuat Indonesia bertekad tidak akan impor lagi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News