TMA Bendungan Katulampa Siaga 1, Bima Arya: Jakarta Waspada Banjir!

Minggu, 09 Oktober 2022 – 22:00 WIB
TMA Bendungan Katulampa Siaga 1, Bima Arya: Jakarta Waspada Banjir! - JPNN.com Jabar
Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya mengingatkan kepada warga Jakarta untuk selalu waspada akan potensi banjir yang bisa saja terjadi mengingat saat ini tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa berstatus siaga 1.

Hal itu dikatakan Bima Arya saat mengecek kondisi Bendung Katulampa pada Minggu (9/10) malam.

Kedatangan Bima Arya sendiri dilakukan menyusul adanya kabar status Bendung Katulampa yang sempat menembus siaga 1 imbas hujan deras yang melanda Bogor sejak sore hingga malam.

“Ini warning untuk semua wilayah di sekitar Ciliwung, termasuk saudara-saudara kita yang ada di Jakarta untuk mengantisipasi banjir ini,” kata Bima Arya.

Bima Arya mengatakan siaga 1 di Bendungan Katulampa terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan yang lebat di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

"Kalau Katulampa siaga 1 ini hal yang serius. Karena saat siaga 1 biasanya 12 kelurahan yang dilintasi Sungai Ciliwung dari Bogor menujur Jakarta biasanya berpotensi tinggi banjir," ujarnya.

Kendati demikian, saat ini status Bendung Katulampa sudah turun ke siaga 3, setelah status siaga 1 bertahan selama satu jam.

Meski begitu, apabila Bendung Katulampa sudah menyentuh siaga 1, ditambah bertahan selama satu jam dan curah hujan merata terjadi di beberapa wilayah, maka ini akan berdampak ke DKI Jakarta. (mar7/jpnn)

TMA di Bendungan Katulampa berstatus siaga 1, Wali Kota Bogor Bima Arya meminta warga di bantaran Sungai Ciliwung dan warga Jakarta waspada potensi banjir.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News