Cegah Bansos Warga Miskin Tak Tepat Sasaran, Pemkab Karawang Siap Bentuk Puskesos

Kamis, 22 September 2022 – 20:20 WIB
Cegah Bansos Warga Miskin Tak Tepat Sasaran, Pemkab Karawang Siap Bentuk Puskesos - JPNN.com Jabar
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Karawang Ridwan Salam (tengah). (ANTARA/HO-Pemkab Karawang)

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang berencana membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) sebagai upaya penanganan kemiskinan agar lebih fokus dan tepat sasaran.

"Selama ini realisasi program kemiskinan sering dihadapkan dengan data penerimanya, karena itu diperlukan Puskesos," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Karawang Ridwan Salam, Kamis (22/9).

Selain bertujuan untuk memudahkan warga atau fakir miskin mendapatkan perlindungan sosial dan lepas dari kemiskinan, Puskesos juga akan menjadi pusat database kemiskinan.

Artinya Puskesos akan memiliki data diri penerima bantuan terkait program penanganan kemiskinan yang digulirkan oleh pemerintah.

Sementara itu, terkait dengan data penerima BLT BBM pascakenaikan harga BBM, data penerimanya bersumber dari pemerintah pusat yang disampaikan ke Kantor Pos sebagai pihak penyalur.

Menurut Ridwan Salam, dalam penyaluran BLT BBM Dinas Sosial Karawang hanya bertugas melakukan peninjauan dalam proses penyalurannya.

Atas kondisi tersebut, Dinas Sosial Karawang tidak bisa melakukan perubahan data penerima BLT BBM jika dianggap tidak tepat sasaran.

Namun, diakuinya kalau saat ini Pemkab Karawang tengah melakukan pendataan terkait rencana penyaluran bantuan sosial kepada berbagai kalangan masyarakat yang tidak mendapatkan BLT BBM tetapi terdampak kenaikan harga BBM.

Agar bantuan sosial untuk warga miskin tepat sasaran, Pemkab Karawang berencana bakal membantuk Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News