Pentingnya Literasi Keuangan untuk Masyarakat Dalam Menentukan Jasa Pembiayaan

Kamis, 22 September 2022 – 08:35 WIB
Pentingnya Literasi Keuangan untuk Masyarakat Dalam Menentukan Jasa Pembiayaan - JPNN.com Jabar
Pelatihan Literasi Keuangan. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam kehidupan sehari-hari kita dituntut untuk melakukan pengambilan keputusan yang tepat dan hal tersebut tidak terlepas dari aspek keuangan.

Oleh karena itu dengan memiliki literasi keuangan yang baik dapat membantu masyarakat untuk memilih strategi dan keputusan keuangan yang tepat.

Literasi keuangan merupakan bentuk investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan.

Merespons hal tersebut, salah satu perusahaan pembiayaan, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) menggelar pelatihan literasi keuangan bagi masyarakat dengan tema “Bijak dan Aman dalam Memilih Perusahaan Pembiayaan”.

Human Capital Manager WOM Finance Regional Jawa Barat Ricki Oktaviana mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya peningkatan literasi keuangan dengan cara menyediakan edukasi keuangan.

Hal ini, kata Ricki, sebagai proses untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan konsumen maupun masyarakat, agar mampu mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Selain itu, Ricki menjelaskan, dengan meningkatnya tingkat literasi keuangan, konsumen dan masyarakat dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih baik dalam memilih produk serta jasa pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan.

"Masyarakat dapat mengetahui dengan benar manfaat dan risikonya, serta paham hak dan kewajiban sebagai konsumen pembiayaan," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip (22/9).

Memiliki literasi keuangan yang baik dapat membantu masyarakat untuk memilih strategi dan keputusan keuangan yang tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News