Ridwan Kamil Dorong PT MUJ Melakukan Pengembangan dan Pemanfaatan EBT

Selasa, 20 September 2022 – 11:04 WIB
Ridwan Kamil Dorong PT MUJ Melakukan Pengembangan dan Pemanfaatan EBT - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai menghadiri peresmian kantor PT Migas Utama Jabar (MUJ) di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (19/9) malam. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong PT Migas Utama Jabar (MUJ) untuk terus melakukan pengembangan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Salah satunya pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap.

"Solar panel dulu terus motor listrik tolong dibina MUJ. Yang paling populer kan itu," ucap Ridwan Kamil seusai menghadiri peresmian kantor PT MUJ di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin (19/9) malam.

Ridwan Kamil mengaku optimistis PT MUJ dapat menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terdepan dalam urusan energi baru terbarukan. Hal itu terbukti dari pendapatan perusahaan yang stabil di angka Rp 350 miliar per tahun.

"Pokoknya MUJ ini harus jadi Pertamina versi daerah, dari hulu ke hilirnya harus jagoan tapi di skalanya dia lah. Jadi kan hasilnya luar biasa ya, sudah punya income tetap Rp 350 miliar," ujar Ridwan Kamil.

Terlebih, kata Ridwan Kamil, saat ini PT MUJ sudah berstatus Holding Energy, yang membawahi banyak anak perusahaan di bidang energi.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil menginginkan PT MUJ harus lebih inovatif dan produktif, khususnya dalam pengembangan energi baru terbarukan.

"Kalau dia holding artinya harus lebih gesit, karena Perda membuka MUJ boleh berbisnis apa saja selama hubungannya dengan energi. Tidak dibatasi di hulu, hilirnya juga boleh," kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, Direktur Utama PT Migas Utama Jabar (MUJ), Begin Troys menuturkan, pihaknya akan mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai upaya untuk mengalihkan masyarakat ke penggunaan kendaraan listrik. Hal itu merupakan instruksi dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong PT MUJ terus melakukan pengembangan EBT. Salah satunya soal PLTS atap.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News