Bukan Kaleng-kaleng, Inilah Keutamaan Istigfar yang Luar Biasa Bagi Umat Muslim

Jumat, 09 September 2022 – 15:20 WIB
Bukan Kaleng-kaleng, Inilah Keutamaan Istigfar yang Luar Biasa Bagi Umat Muslim - JPNN.com Jabar
ilustrasi zikir dan beristigfar. Foto: Dokumen Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Beristigfar merupakan kalimat suci yang sering diucapkan kaum muslim dalam doa, zikir, dan kondisi tertentu.

Ketua Umum MUI Kota Depok KH. Achmad Dimyati Badruzzaman menjelaskan istighfar adalah salah satu ucapan memohon ampunan kepada Allah atas perbuatan yang dilakukan.

Istighfar berasal dari kata ‘ghofaro-yaghfiru’ yang memiliki arti memaafkan ataupun mengampuni.

“Dengan membaca istighfar maka Allah akan membantu manusia dalam setiap kesulitan mendapatkan kemudahan, serta menjadi pembuka umat muslim menuju ketentraman hati dan kebahagiaan,” ucapnya, Jumat (9/9).

Dirinya mengatakan istighfar menjadi bagian dari doa dan dzikir, seorang mulim kepada Sang Khalik.

Allah SWT berfirman dalam Al-qur'an Surah Al-Baqarah ayat 199, yang artinya "Dan beristigfarlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu maha pengampun lagi maha penyayang".

Untuk itu, dirinya mengajak umat muslim agar senantiasa beristigfar kepada Allah, sebagai cara meminta ampunan atas dosa yang diperbuat, mendekatkan diri pada Allah, serta membuat hati lapang. (mcr19/jpnn)

Beristigfar merupakan salah satu cara bagi kaum muslim untuk meminta ampunan kepada Allah sehingga membuat hati tenang dan tentram.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News