KH Zakky Mubarak: Pemimpin Zalim Haram Masuk Surga

Jumat, 26 Agustus 2022 – 15:51 WIB
KH Zakky Mubarak: Pemimpin Zalim Haram Masuk Surga - JPNN.com Jabar
KH Zakky Mubarak: Pemimpin Zalim Haram Masuk Surga. Ilustrasi Sultan Amanda/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menyampaikan bahwa setiap orang adalah pemimpin.

"Dalam pandangan Islam, setiap diri manusia itu merupakan pemimpin. Tiap orang dari kamu adalah ro'in penggembala, artinya pemimpin, dan setiap orang akan dimintai pertanggung jawaban tentang yang dipimpinnya," kata Zakky dikutip dari situs resmi NU Jabar Online, Jumat (26/8).

Baik itu pemimpin untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

"Pemimpin ini dari pemimpin diri sendiri, pemimpin keluarga, pemimpin tingkat RT/RW, kelurahan dan sampai yang lebih tinggi lagi," ujar dia.

Menurut pria yang karib disapa Kiai Zakky, setiap pemimpin harus bersikap jujur dan adil kepada rakyatnya.

"Karena itu Nabi SAW memperingatkan kita bahwa siapapun yang diberi kepercayaan jadi pemimpin, kemudian dia mengkhianati kepercayaa itu, Allah SWT mengharamkan orang tersebut masuk ke dalam surga," ucapnya.

Artinya, sambung dia, kalau seorang pemimpin tidak jujur dalam memegang amanah atau berkhianat pada titipan yang sudah dipercaya, maka orang tersebut masuk ke dalam manusia tercela.

"Manusia yang sangat buruk, yang tidak akan mendapatkan kebahagiaan duniawi dan maupun ukhrawi," ujar dia.

Mustasyar PBNU Zakky Mubarak menyampaikan soal kepemimpinan dalam tausiah onlinenya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News