Lembaga Pendampingan Perempuan Mengecam Pernyataan Uu Ruzhanul Ulum

Selasa, 30 Agustus 2022 – 20:26 WIB
Lembaga Pendampingan Perempuan Mengecam Pernyataan Uu Ruzhanul Ulum - JPNN.com Jabar
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Womens Crisis Center (WCC) Pasundan Durebang berkomentar soal pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang menyebut kalau solusi dari menanggulangi penularan HIV/Aids di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) adalah dengan poligami.

Ira Imelda dari WCC menuturkan, tidak ada kaitannya antara poligami dengan penanggulangan penularan HIV di wilayah Jabar.

Kata Ira, menjalankan poligami bagi para suami juga tidak menjamin bisa menurunkan risiko tertular HIV.

Sebabnya, penularan HIV tidak selalu tertular dari hubungan seksual, Ada banyak faktor di dalamnya.

“HIV tidak selalu tertular dari relasi seksual yang misalnya berganti-ganti pasangan, bisa jadi dari jarum suntik dan sebagainya. Jadi kalau misalnya contoh saja pakai jarum suntik karena suaminya pengguna jarum suntik, lalu disarankan poligami, kan itu enggak menjawab persoalan,” ucap Ira kepada JPNN, Selasa (30/8).

Menurutnya, dalam konteks HIV, perempuan selalu diposisikan sebagai individu yang rentan akan diskriminasi gender.

Hal itu dikarenakan, lingkungan masyarakat yang masih dikonstruksi untuk taat kepada suami apalagi dalam hal relasi seksual.

“Walaupun dijamin, suaminta perilaku seksualnya tidak ke mana-mana yah, tidak berganti pasangan itu memang sulit,” tuturnya.

Womens Crisis Center (WCC) Pasundan berkomentar begini soal pernyataan Wagub Jabar Uu soal poligami sebagai jalan keluar penanggulangan penularan HIV.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News