Begini Cara Pemkab Bogor Mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan

Kamis, 25 Agustus 2022 – 04:35 WIB
Begini Cara Pemkab Bogor Mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan - JPNN.com Jabar
Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat lakukan kolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Netzme demi mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. Foto : Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Netzme, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi melaksanakan program digitalisasi pada ekosistem desa serta program ketahanan pangan di Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (24/8).

Program ini untuk mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan-Launching Digitalisasi Desa Gunungputri dan mengakselerasi perekonomian Jawa Barat serta tercapainya visi Jawa Barat menjadi provinsi digital.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jeffri D. Putra mengatakan pihaknya berkomitmen terus bersinergi dengan pemerintah dalam upaya menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat hingga memulihkan ekonomi nasional.

Kebijakan moneter difokuskan untuk stabilitas (pro-stability), sementara empat kebijakan lainnya yakni makroprudensial, digitalisasi sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau terus diarahkan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional (pro-growth).

"Hingga saat ini, UMKM atau penjual yang menggunakan QRIS di Jawa Barat jumlahnya sekitar 23 persen di tingkat nasional atau sekitar 4,3 juta merchant," kata Jeffri.

Tak hanya itu, pengguna QRIS di Jawa Barat sendiri mencapai sekitar 5,5 juta pengguna atau 26 persen dari 24,1 juta pengguna nasional.

"Jadi, semakin sering QRIS digunakan UMKM atau Merchant ini akan memudahkan perbankan menangkap profil UMKM, sehingga akan menambah credit point untuk mengajukan pembiayaan," ungkap Jeffri.

Bank Indonesia bersama pemerintah pusat dan daerah, serta instansi terkait akan terus memperkuat sinergi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk menjaga stabilitas harga dan meningkatkan ketahanan pangan nasional, sehingga mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

BI Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Netzme melakukan program digitalisasi pada ekosistem desa serta program ketahanan pangan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News