Sambut HUT ke-77 RI, RSUI Menggelar Simulasi Evakuasi Pasien Dari Gedung Tinggi

Rabu, 17 Agustus 2022 – 19:35 WIB
Sambut HUT ke-77 RI, RSUI Menggelar Simulasi Evakuasi Pasien Dari Gedung Tinggi - JPNN.com Jabar
Proses simulasi aksi kesiapsiagaan dalam kegawatdaruratan vertical rescue, di RSUI. Foto : Dokumen RSUI.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Sambut HUT ke-77 RI, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menyelenggarakan upacara pengibaran bendera di lapangan RSUI.

Tak hanya itu, RSUI juga menggelar berbagai perlombaan, serta mempertontonkan aksi kesiapsiagaan dalam kegawatdaruratan vertical rescue.

Direktur Utama RSUI Astuti Giantini menuturkan HUT ke-77 RI ini merupakan momentum untuk membangun sinergitas bagi bangsa Indonesia.

“Karena sinergisitas adalah kunci membangun SDM yang unggul, berkembang, dan mampu dalam kesiapsiagaan. Sebagaimana RSUI sebagai layanan kesehatan memiliki peran dalam membangun masyarakat Indonesia yang sehat,” ucapnya, Rabu (17/8).

Untuk mewujudkan komintmen RSUI dalam kesiapsiagaan dan tanggap darurat, tim komando bencana melaksanakan pelatihan dan simulasi secara berkala, yakni evakuasi korban dalam kondisi darurat.

“Simulasi evakuasi keadaan darurat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan tim tanggap darurat dalam pemindahan staf, pengunjung, ataupun pasien secara tepat,” tuturnya.

Selain itu, simulasi evakuasi juga bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan serta memastikan kesiapan prosedur dan peralatan tanggap darurat yang telah dimiliki.

“Penanganan keadaan darurat dibutuhkan keterlibatan dari semua pihak baik internal maupun eksternal sangat diperlukan untuk mendukung proses penyelamatan dan evakuasi,” kata Astuti.

Rayakan HUT ke-77 RI, RSUI menggelar simulasi kedaruratan dalam mengevakuasi pasien dengan teknik vertical rescue.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News