Ihwal Kisruh PC dan PET, BPKN Minta BPOM Melabeli Seluruh Kemasan Plastik

Rabu, 17 Agustus 2022 – 19:05 WIB
Ihwal Kisruh PC dan PET, BPKN Minta BPOM Melabeli Seluruh Kemasan Plastik - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Air minum dalam kemasan galon. Foto: JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal Edy Halim meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar melabeli seluruh kemasan plastik.

Karena menurut Rizal semua kemasan plastik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.

“Jika BPOM ingin mewacanakan pelabelan, ya semua harus dilabeli karena semua plastik itu sama-sama berbahaya bagi kesehatan,” ucapnya.

Dia mengatakan khusus air minum dalam kemasan (AMDK), ada dua jenis plastik yang digunakan, yaitu Polikarbonat (PC) dan polietilena tereftalat (PET). 

Untuk kemasan PC atau galon guna ulang, dia mengatakan dipakai plastik untuk ketahanan lama yang keras dan biasanya dicampur dengan Bisfenol A (BPA). Sedang untuk kemasan PET atau sekali pakai biasa dicampur dengan antimon.

“Yang namanya plastik ketika dicampur dengan zat kimia semua punya risiko. Makanya ada aturannya berapa yang boleh dan berapa yang tidak,” ujar Rizal.

Khusus untuk plastik PET, selain dari sisi kesehatannya para aktifis lingkungan juga menolak kehadiran kemasan ini yang mengaitkannya dengan isu lingkungan.

“Aktifis lingkungan akan bereaksi karena akan terjadi penimbunan sampah yang lebih banyak,” tuturnya.

Ketua BPKN Rizal Edy Halim meminta BPOM agar tidak hanya melabeli satu jenis kemasan plastik saja, tetapi harus dilakukan terhadap semua kemasan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News