Komentar Dosen UI Ihwal Rencana Pembangunan Open Space di Kota Depok

Selasa, 16 Agustus 2022 – 17:17 WIB
Komentar Dosen UI Ihwal Rencana Pembangunan Open Space di Kota Depok - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dosen Departemen Arsitektur dan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Univeristas Indonesia Antony Sihombing turut menyoroti rencana pembangunan open space di depan Balai Kota Depok.

Dirinya menilai sebetulnya rencana pembangunan open space itu sangat bagus dan pihaknya sangat mendukung.

“Saya setuju, karena itu bagus. Lagi pula Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga milik publik. Maka ketika Pemkot menyumbangkan tanahanya untuk ruang publik itu tidak menjadi masalah,” ucapnya saat dihubungi JPNN.com, Selasa (16/8).

Antony menjelaskan keberadaan ruang terbuka publik atau open space di Kota Depok memang sangat minim, terutama di kawasan Margonda Raya.

“Depok itu tanahnya sangat terbatas, sehingga pemerintah kesulitan untuk membangun ruang publik di pusat kota. Dengan adanya konsep ini tentunya ini hal yang bagus,” ujarnya.

Jika nantinya open space tersebut akan dibuat layaknya ruang terbuka di kawasan Sarinah Jakarta, baginya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Meski pembanguann open space dianggap bagus, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemerintah mengingat open space tersebut berlokasi dekat dengan kantor pemerintahan.

“Saya rasa perlu ada pemisahaan masuk ke kantor Wali Kota dan masuk ke ruang publik, karena masyarakat yang datang untuk mengurus administrasi ke Pemkot Depok juga banyak. Jangan sampai keberadaan open space mengganggu pelayanan dan roda pemerintahan," jelasnya.

Dosen Fakultas Teknik Univeristas Indonesia sebut rencana pembanguan open space bagus, asalkan dikelola dengan baik dan harus melalui kajian yang matang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News