3 Pelajaran Hidup yang Luar Biasa Dalam Surah Alkausar

Jumat, 12 Agustus 2022 – 15:55 WIB
3 Pelajaran Hidup yang Luar Biasa Dalam Surah Alkausar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi, dua pelajar membaca Al-Qur'an. Foto: dok/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA DEPOK - Selain sebagai kitab suci dan pedoman hidup bagi umat Islam Al-Qur'an juga mengajarkan kita banyak hal, salah satunya pelajaran hidup.

Ketua Yayasan Ruhama H. Rafie menjelaskan ada tiga pelajaran penting dalam Surah Alkausar, yakni kaya, ibadah, dan tidak membenci.

Dirinya menerangkan bahwa manusia harus kaya, harus bagus ibadahnya dan tidak boleh membenci orang, itulah pelajaran terpenting yang dinarasikan Allah Swt. dalam surat terpendek dalam Al-Qur'an tersebut.

“Pertama, kaya. Tafsiran kalimat 'Alkausar' saya lebih sependapat dengan Tafsir Al-Manar, Dzilal Qur'an, Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Munir, yang lebih menekankan terjemahannya bukan hanya pada sebuah telaga yang akan diberikan Allah di surga kelak, tetapi lebih diartikan dengan makna bahwa Allah telah memberikan nikmat yang banyak (kaya),” ucapnya kepada JPNN.com dikutip Jumat (12/8).

Rafie menjelaskan bahwa pada potongan ayat tersebut manusia diperintahkan untuk memiliki mental kaya dan keyakinan bahwa kita semua dalam kemewahan, kegemerlapan, serta kenikmatan yang indah saat ini.

Bukan malah sebaliknya, terpikirkan kondisi serba kurang, tidak beruntung dan memiliki anggapan diri harus diberi oleh orang lain, bahkan lebih bahaya lagi ketika memiliki anggapan tidak apa-apa meminta-minta.

“Mental kaya ini yang harus diambil pelajaran bagi kita semua. Merasa diri serba berkecukupan, artinya urusan dunianya sudah cukup, sudah selesai, tinggal berpikir mendedikasikan semua yang dikerjakan di dunia untuk bekal kelak di akhirat,” tuturnya.

Pelajaran pada ayat kedua Surah Alkausar yakni beribadah, karena beribadah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat manusia.

Dalam Surah Alkausar terdapat tiga pelajaran penting, dalam setiap ayatnya yang bisa menjadi pedoman dalam kehidupan. Begini penjelasan lengkapnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News