Ratusan Wirausaha Baru Akan Tercipta di Bandung Raya Melalui 'You-Blast'

Rabu, 10 Agustus 2022 – 20:31 WIB
Ratusan Wirausaha Baru Akan Tercipta di Bandung Raya Melalui 'You-Blast' - JPNN.com Jabar
Kegiatan You-Blast di Kota Bandung. Foto: Dokumen Pribadi

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan jumlah UMKM Indonesia pada tahun 2021 telah tumbuh mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun Rupiah.

Selain itu, UMKM juga mampu menyerap 97% total tenaga kerja serta menghimpun 60,4% total investasi di Tanah Air.

Melihat besarnya peranan dan potensi sektor tersebut, Pemerintah Indonesia meluncurkan Program Pengembangan Kewirausahaan Nasional, sebagai strategi untuk meningkatkan rasio kewirausahaan nasional ke angka 4% pada tahun 2024 mendatang.

Merespons hal tersebut, Citibank Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggagas program pelatihan dan pendampingan bisnis bertajuk YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST).

Pada implementasinya yang perdana, program ini akan memfasilitasi lebih dari 300 wirausaha pemula berusia 18-28 tahun di Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya.

Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan bisnis, serta perluasan jangkauan pemasaran bisnis dengan digital.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 8,4 juta orang pada bulan Februari 2022, hanya turun 4% setelah melonjak hingga 26,26% pada tahun sebelumnya.

Fakta ini, kata Puni, menunjukkan bahwa sektor ketenagakerjaan belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) yang digagas Citi Indonesia dan PJI.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News