Akademisi ITB Apresiasi Pemprov Jabar Libatkan 29 Ribu Siswa Ikut Sekolah Pencetak Wirausaha

Sabtu, 02 Desember 2023 – 19:26 WIB
Akademisi ITB Apresiasi Pemprov Jabar Libatkan 29 Ribu Siswa Ikut Sekolah Pencetak Wirausaha - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Gedung Sate. Foto: dok. Humas Pemprov Jabar

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Juwanda menyoroti program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) yakni, Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW).

Program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) itu sebagai upaya menumbuhkan minat kewirausahaan di kalangan siswa SMK dan diimplementasikan dalam berbagai bentuk pembelajaran. 

Dilansir dari Kemdikbud, program SPW merupakan program pembelajaran yang mendorong siswa untuk memiliki keterampilan melalui praktik usaha. 

Siswa didorong melakukan praktik wirausaha berbasis daring atau online karena dipandang relatif murah dan mudah untuk para pemula, khususnya, bagi siswa generasi Z, sejalan dengan upaya menghadapi era industri 4.0. 

Juwanda mengatakan, sekolah kewirausahaan ini selaras dengan salah satu misi Gubernur Jawa Barat periode Ridwan Kamil mengenai wirausaha muda. 

Dalam praktiknya, Disdik melibatkan 29.620 siswa dan 13 KCD dalam proses penyelenggaraan program SPW sebagai bentuk doronga lulusan menjadi seorang pengusaha. 

“Pada tahun 2022, siswa SPW mengalami peningkatan sebanyak 5.540 siswa,” kata Juwanda dalam keterangannya, Sabtu (2/12).

Ia menjelaskan, tahapan pelaksanaan program SPW diawali dengan mengadakan pelatihan wirausaha untuk guru KWU, melakukan rekognisi untuk lulusan SMK, menyelenggarakan lomba wirausaha yang melibatkan siswa dan guru, serta konversi omzet ke dalam nilai pendidikan. 

Tahun ini, program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) berkolaborasi dengan Jabar Future Leaders Scholarship dalam menciptakan calon pemimpin berjiwa wirausaha.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News