Kodam III Siliwangi Batalkan Baiat Puluhan Jemaah NII Kabupaten Bandung

Rabu, 10 Agustus 2022 – 12:52 WIB
Kodam III Siliwangi Batalkan Baiat Puluhan Jemaah NII Kabupaten Bandung - JPNN.com Jabar
Kodam III Siliwangi dalam kegiatan pembatalan baiat puluhan anggota NII di Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Selasa (9/8). Foto: Sources for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi menggelar pembatalan baiat bagi 51 orang anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Selasa (9/8). 

Puluhan eks anggota NII ini melakukan deklarasi mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, dengan deklarasi ini, para eks anggota NII diharapkan bisa memiliki pandangan yang sama dalam membangun Indonesia yang berlandaskan ideologi Pancasila.

“Kami harapkan ada deklarasi berikutnya lagi, yang artinya mereka menjadi jaminan untuk (mengajak) teman-temannya lagi,” kata Kunto dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (10/8).

Sebelumnya, deklarasi serupa dari eks anggota NII pun dilakukan di Cileunyi pada bulan Mei lalu.

Dari sisi keamanan, menurutnya, adanya sejumlah deklarasi itu bisa memudahkan pihaknya dalam mempelajari basis NII.

Kunto pun memastikan deklarasi dari eks anggota TNI tersebut bakal ditindaklanjuti dengan sejumlah program untuk menjadi modal bagi mereka dalam menjalani kehidupan.

“Ada program-program yang sudah berjalan, dalam hal ini deradikalisasi untuk membangun yakni kepelatihan, keilmuan, dan mengimplementasikan dalam pekerjaannya,” tutur dia.

Kodam III Siliwangi menggelar pembatalan baiat puluhan orang anggota NII di Cilengkrang, Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News