Hamdalah, Jalan Penghubung Sepanjang 1,7 Kilometer Selesai Dibangun

Rabu, 09 November 2022 – 22:55 WIB
Hamdalah, Jalan Penghubung Sepanjang 1,7 Kilometer Selesai Dibangun - JPNN.com Jabar
Potret jalan penghubung sepanjang 1,7 kilometer antara Desa Banyuasih dan Desa Rabak, dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pembangunan jalan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 di Kabupaten Bogor telah rampung.

Jalan sepanjang 1,7 kilometer yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Rumpin saat ini sudah bisa dinikmati masyarakat.

"Program TMMD ini merupakan pembangunan jalan yang menghubungkan jalur dua kecamatan, yakni Kecamatan Rumpin dengan Kecamatan Cigudeg, sekaligus jadi jalan penghubung bagi desa, yakni Desa Banyuasih dan Desa Rabak yang sebelumnya terputus dan terisolir," kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, Rabu (9/11).

Iwan mengatakan dengan terhubungnya dua desa ini akan memberikan berdampak positif bagi perekonomian warga di dua desa tersebut.

Selain itu, keberadaan jalan penghubung itu juga dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari jalan yang sebelumnya.

"Pasti akan berdampak, entah itu ke ekonomi, pendidikan, sosial semua akan naik. Karena jalurnya lebar dan menjadi jalur alternatif Rumpin menuju Cigudeg maupun sebaliknya, jadi tidak perlu muter jauh banget. Kalau lewat sini hanya setengah jam sampai," ungkapnya.

Tak hanya itu, jalan tersebut juga nantinya bisa naik status menjadi jalan desa atau kabupaten, sehingga pemeliharaan dan peningkatan jalan bisa dilakukan oleh Pemkab Bogor.

"Untuk memelihara ini kami juga ada satu pagu anggaran yang setiap tahun kami cairkan ke desa-desa. Nanti bisa juga pemeliharaan jalan ini menggunakan dana Samisade. Kalau nanti statusnya jadi jalan Kabupaten Bogor bisa lewat PUPR untuk pemeliharaannya," tutur Iwan.

Pembangunan jalan penghubung sepanjang 1,7 kilometer antara Desa Banyuasih dan Desa Rabak selesai dikerjakan. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 sukses.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News