Ridwan Kamil Curiga Ponpes Al-Zaytun Terafiliasi Kelompok NII

Senin, 03 Juli 2023 – 17:45 WIB
Ridwan Kamil Curiga Ponpes Al-Zaytun Terafiliasi Kelompok NII - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencurigai Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun terafiliasi dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII). 

Kecurigaan ini berbentuk adanya indikasi penggalangan dana yang dilakukan Al-Zaytun untuk membiayai aktivitas kelompok NII. 

“Ada (indikasi NII). Belum sedetail itu tetapi arahnya penggalangan dananya ke arah sana (NII),” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Senin (3/7).

Meski demikian, pria yang karib disapa Emil itu menyebutkan kalau ini baru indikasi.

Ia pun meminta kepada masyarakat dan juga para ulama untuk bersikap tenang dalam menyikapi polemik Ponpes Al-Zaytun. Adapun saat ini pemerintah sedang menyiapkan tindakan tegas terhadap pesantren tersebut.

“Masyarakat tenang, forum ulama juga tenang, bahwa tindakan tegas sedang berlangsung,” ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mendukung rekomendasi tim investigasi kepada pemerintah pusat untuk segera membekukan dan membubarkan Ponpes Al-Zaytun.

“Si pesantrenya direkomendasi memang untuk dibekukakan dan dibubarkan,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ada indikasi penggalangan dana yang dilakukan Ponpes Al-Zaytun untuk membiayai aktivitas kelompok NII.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News