Lewat 'Rumah Batik' Pemkab Purwakarta Fokus Kembangkan Potensi Batik Lokal

Rabu, 03 Agustus 2022 – 19:59 WIB
Lewat 'Rumah Batik' Pemkab Purwakarta Fokus Kembangkan Potensi Batik Lokal - JPNN.com Jabar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta mendorong pengembangan wirausaha batik dengan membangun sebuah rumah batik di Kecamatan Plered.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan sampai saat ini terdapat ratusan motif batik yang dikembangkan oleh masyarakat Purwakarta.

"Jumlah desain motif batik saat ini ada lebih dari 200 yang diciptakan sebagai stimulasi program pengembangan batik di Purwakarta," katanya, Rabu (3/8).

Di antaranya, motif air mancur Situ Buleud, motif manggis, motif maranggi, motif Waduk Jatiluhur, motif Waduk Cirata, motif ombak Cirata, dan motif bambu.

Selain itu, ada juga motif Gunung Parang, motif Tajug Gede Cilodong, motif keramik, motif burung anis, motif nelayan, motif air, dan lain-lain.

Oleh karena itu, untuk mendorong terciptanya wirausaha batik di Purwakarta, saat ini sedang dibangun rumah batik di Kecamatan Plered.

Rumah batik itu, nantinya akan menjadi role model dalam mengembangkan dan mengolah cipta ragam desain yang unik dan sesuai dengan khas Purwakarta.

"Semoga dengan adanya rumah batik, masyarakat dapat mengenal batik khas Purwakarta," kata dia.

Fokus kembangkan batik lokal, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bangun Rumah Batik di Kecamatan Plered.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News