Mengintip Keseruan Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna di Kaki Gunung Salak Bogor

Senin, 01 Agustus 2022 – 13:43 WIB
Mengintip Keseruan Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna di Kaki Gunung Salak Bogor - JPNN.com Jabar
Ketua Yayasan Kampung Veteran Lokapurna, M Darul Dinar. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kabar baik datang bagi Anda pencinta sejarah dan kebudayaan. Pasalnya pada 3 Agustus hingga 10 Agustus 2022 nanti, akan ada pagelaran seni budaya akbar di Kampung Lokapurna, Lembah Cawane, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Ketua Yayasan Kampung Veteran Lokapurna, M Darul Dinar mengatakan kegiatan bertajuk "Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna" itu merupakan wujud rasa syukur atas apa yang sudah diberikan para pahlawan terdahulu dan alam sekitar.

"Selain bersyukur atas jasa para pahlawan dan alam, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati hari jadi Kampung Lokapurna ke-55 yang jatuh pada 10 Agustus 2022," katanya, kepada JPNN.com, dikutip Senin (1/8).

Pada pelaksanaannya nanti Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna akan berlangsung selama satu pekan ke depan mulai Rabu (3/8) hingga Rabu (10/8).

"Jadi, selama satu pekan ini kami akan menyuguhkan beragam kesenian, budaya dan tradisi yang ada di nusantara dan Jawa Barat," ujarnya.

Pada Rabu (3/8) Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna akan dibuka dengan pertunjukan wayang golek, disusul dengan ngaji budaya atau mengkaji kebudayaan yang ada di nusantara dan Jawa Barat, termasuk mengkaji sejarah Gunung Salak yang menjadi salah satu gunung paling sakral di Bogor.

"Untuk ngaji budaya ini nantinya kami akan membahas sejarah tentang Gunung Salak, yang akan diisi oleh para ahli termasuk tokoh masyarakat setempat dan para tokoh agama," tuturnya.

Lantaran lokasi Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna yang berada di kawasan TNGHS, pengunjung yang datang juga bisa sambil berlibur menikmati wisata alam yang berada di kawasan Kaki Gunung Salak ini.

Pesta Budaya Kampung Veteran Lokapurna siap meriahkan hari jadi Kampung Lokapurna ke-55. Begini potret keseruannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News