Puluhan Ternak Milik Warga di Sukabumi Mati dan Hilang, Diduga Diserang Harimau

Selasa, 10 September 2024 – 08:00 WIB
Puluhan Ternak Milik Warga di Sukabumi Mati dan Hilang, Diduga Diserang Harimau - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Harimau. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Puluhan hewan ternak milik warga Desa Gandasoli, Kabupaten Sukabumi, seperti kambing dan domba dalam sebulan terakhir diserang hewan buas yang diduga merupakan harimau berasal dari Gunung Salak.

"Sudah banyak warga yang memiliki hewan ternak mengadu kepada Pemdes Gandasoli, Kecamatan Cikakak dalam sebulan terakhir ini, mereka melaporkan bahwa hewan ternak yang dipelihara banyak yang mati dan hilang akibat diserang hewan buas yakni harimau," kata Kepala Desa Gandasoli, Ece Kurniawan.

Menurut Ece, jumlah hewan ternak yang menjadi korban penyerangan harimau lebih dari 20 ekor.

Dari hasil pendataan harimau tersebut menyerang hewan ternak warga yang berada di Kampung Cikubang, Cikedok, Cibereum.

Tiga lokasi tersebut merupakan daerah terdekat dengan hutan Gunung Salak. Kasus seperti ini setiap tahun selalu ada, tetapi pada tahun ini atau 2024 jumlah hewan ternak yang diserang harimau paling banyak.

Meskipun belum ada laporan adanya warga yang menjadi korban penyerangan harimau, tetapi pihaknya mengimbau agar tetap waspada, selain itu berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar dan Taman Nasional Gunung Halimun dan Salak (TNGHS) untuk menindaklanjuti kejadian ini.

Belum lama ini informasi yang diterima pihaknya ada peneliti yang datang ke beberapa lokasi penyerangan hewan ternak di Desa Gandasoli untuk mencari tahu jenis hewan buas yang menyerang ternak warga tersebut. Namun kuat dugaan hewan itu jenis harimau.

Sementara, salah seorang warga Kampung Cikedok, Engkar mengaku bahwa lima ekor kambingnya menjadi korban penyerangan hewan buas, akibatnya empat kambing miliknya ditemukan dalam kondisi sekarat di mana dua di antaranya telah mati dan satu lainnya hilang.

Puluhan hewan ternak milik warga Desa Gandasoli, Kabupaten Sukabumi, seperti kambing dan domba hilang dan mati, diduga diserang harimau
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News