Pemkab Sukabumi Relokasi 112 Pedagang dari Objek Wisata Geyser Cisolok

Selasa, 04 Juni 2024 – 15:30 WIB
Pemkab Sukabumi Relokasi 112 Pedagang dari Objek Wisata Geyser Cisolok - JPNN.com Jabar
Sejumlah pedagang yang berada di sekitar objek wisata Geyser atau sumber air panas di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Senin (3/6/2024) direlokasi ke lokasi lain yang jaraknya sekitar 200 meter dari lokasi mereka berjualan saat ini. ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Seratusan pedagang yang bisa menggelar dagangannya di objek wisata Geyser Cisolok atau pemandian air panas yang berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi direlokasi ke tempat asal di mana dahulu mereka berjualan yang berjarak tidak jauh dari lokasi yang sekarang.

"Relokasi ini merupakan upaya penataan yang dilakukan pemerintah sekaligus menyambut pelaksanaan Healty City Summit 2024 di mana Kabupaten Sukabumi menjadi tuan rumah dari kegiatan ini," kata Camat Cisolok, Jenal Abidin.

Menurut Jenal, ada 112 pedagang yang direlokasi ke tempat asal mereka berjualan atau 200 meter sebelum objek wisata Geyser Cisolok yang berada di Desa Wangunsari tersebut.

Relokasi seratusan pedagang sudah disosialisasikan sejak sembilan bulan yang lalu dan mereka pun mau menerimanya dan pada Senin (3/6) mereka mulai memindahkan barang dagangannya tersebut.

Di tempat relokasi, Pemerintah Kecamatan Cisolok juga menyediakan penerangan, fasilitas air dan lainnya agar pedagang bisa nyaman.

Seratusan pedagang ini merupakan pedagang harian, mingguan dan musiman yang telah empat tahun berdagang di sekitar objek wisata alam air panas yang bersumber dari panas bumi Gunung Salak.

Untuk memudahkan mereka memindahkan barang dagangannya, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisolok telah menyediakan sejumlah armada seperti mobil bak terbuka.

"Para pedagang pun sudah memilih kavling atau lapak yang diinginkan mereka dan diharapkan dalam beberapa hari ke depan lokasi bekas lapak pedagang bisa lebih rapih dan bersih," tambahnya.

Sambut Healty City Summit 2024, Pemkab Sukabumi relokasi 112 pedagang dari objek wisata Geyser Cisolok
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News