Pesan Mendalam Ketua Yayasan Ruhama di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

Jumat, 29 Juli 2022 – 13:43 WIB
Pesan Mendalam Ketua Yayasan Ruhama di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi ibadah dan doa bersama. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ketua Yayasan Ruhama H. Rafie mengajak umat muslim untuk bercermin dan bermuhasabah di penghujung akhir tahun 1443 hijriah.

Apakah yang sudah diperbuat selama ini lebih baik dibandingkan dengan tahun kemarin atau malah sebaliknya.

“Maka di akhir tahun 1443 Hijriah ini hendaknya kita introspeksi atau bermuhasabah, dengan apa yang telah kita ucapkan, perbuat, dan kita torehkan selama satu tahun ini,” ucapnya kepada JPNN.com, Jumat (29/7).

Allah berfirman dalam Surah Al-Hasyr ayat 18 yang artinya, Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat).

“Dalam ayat tersebut, Allah mengajak orang-orang yang beriman untuk bermuhasabah agar menjadi pribadi-pribadi yang bertanggung jawab,” tuturnya.

Selanjutnya, Rafie menjelaskan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah juga berkata, Allah yang Maha Suci memerintahkan hambanya agar memperhatikan apa yang telah diperbuatnya di dunia guna menjadi perbekalannya esok di akhirat. Karena pada sikap seperti itu terkandung di dalamnya muhasabah.

“Maka selagi masih ada kesempatan, perhatikanlah tindak tanduk, evaluasi, dan perbaiki diri segala kekurangan yang ada, semoga hal itu menjadi pertanda kebaikan,” jelasnya.

Dari Abu Bakrah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah bersabda, sebaik-baiknya manusia ialah apabila semakin panjang umurnya maka menjadi baik amalannya. Dan sejelek-jeleknya manusia apabila semakin panjang umurnya maka menjadi jelek amalannya.

Ketua Yayasan Ruhama H. Rafie mengajak umat islam untuk bermuhasabah di momen Tahun Baru Islam 1444 Hijriah serta senantiasa berbuat kebaikan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News