Keren, Pabuaran Gunung Sindur Jadi Desa Percontohan Toleransi Umat Beragama

Kamis, 28 Juli 2022 – 23:23 WIB
Keren, Pabuaran Gunung Sindur Jadi Desa Percontohan Toleransi Umat Beragama - JPNN.com Jabar
Potret keberagaman antarumat beragama di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor menjadikan Desa Pabuaran, Kecamatan Gunungsindur sebagai desa percontohan dalam hal toleransi antarumat beragama.

"Perbedaan itu bukanlah persoalan, tetapi justru menjadi modal kekuatan dalam kebersamaan guna melakukan giat pembangunan. Jadi, prinsipnya tetap Bhineka Tunggal Ika," ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Bambang Tawekal, Kamis (28/7).

Menurutnya, Desa Pabuaran sudah dicanangkan sebagai desa kerukunan masyarakat sejak 2021 silam oleh Pemkab Bogor, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat.

Bambang menyebutkan, desa tersebut menjadi contoh untuk desa lain dalam merawat toleransi antarumat beragama, serta toleransi dalam adat, tradisi, budaya, dan bahasa di tengah masyarakat.

Kepala Desa Pabuaran Gunungsindur, Mad Aidin menerangkan bahwa kerukunan yang diwujudkan yaitu kebersamaan yang telah dijaga dan dirawat sejak puluhan tahun lalu.

"Ini sudah sejak zaman nenek moyang kita sampai generasi sekarang, Alhamdulillah saling rukun. Saya pun bangga dengan Desa Pabuaran ini menjadi Desa Kerukunan di Indonesia, di sini juga semua masyarakat guyub rukun dengan perbedaan dan keragaman masing-masing," ujarnya.

Menurut Mad Aidin, sejatinya perbedaan keberagaman inilah kekayaan sekaligus kekuatan bangsa yang tidak dimiliki bangsa-bangsa lain. Sejarah panjang negeri ini membuktikan kekuatan bangsa dalam menghadapi segala tantangan.

"Bangsa Indonesia itu beragam, mulai dari agama, suku, adat, budaya hingga bahasa. Ini kekayaan sekaligus kekuatan bangsa Indonesia. Kita dikuatkan oleh segala perbedaan tersebut dan di sini kami merawatnya dengan sangat baik," kata Mad Aidin. (antara/jpnn)

Desa Pabuaran, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor jadi desa percontohan toleransi antarumat beragama.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News